tujuh Program Jaring Pengaman Sosial buat Hadapi Covid-19

tujuh Program Jaring Pengaman Sosial buat Hadapi Covid-19

JAKARTA – Pemerintah telah menyiapkan Jaring Pengaman Sosial untuk membantu klub yang terkena dampak virus corona. Mulai dari bantuan sembako, bantuan tunai hingga subsidi listrik pada 24 juta pelanggan 450 Va.

“Jaring Pengaman Baik untuk masyarakat lapisan bawah agar tetap mampu memenuhi kebutuhan pokok dan untuk menjaga daya beli dalam mengatasi dampak sosial ekonomi penyebaran Covid-19, ” tulis Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, di akun Instagramnya, Minggu (24/5/2020).

Terdapat tujuh prgram pemerintah yang dirancang sebagai program Jaring Pengaman Sosial. Beserta rinciannya:

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH yang lazimnya diberikan setiap tiga bulan sekali akan diberikan menjadi sebulan seluruhnya. Selain itu, nilai manfaat dengan diterima masyarakat juga akan dinaikkan 25%.

Menyuarakan Juga: Update Penyaluran Bansos maka BLT, Simak Faktanya

Dana anggaran yang sudah disiapkan pemerintah untuk program PKH adalah sebanyak Rp37. 4 triliun.

2. Surat Sembako

Pemerintah menyasar masyarakat penerima kartu sembako adalah sebanyak 20 juta suku. Jenis bantuan yang telah menggunakan anggaran sebanyak Rp43. 6 triliun nanti nantinya akan dibagikan sebesar Rp200 ribu per bulan yang akan berlangsung selama 12 bulan ke masing-masing penerima.

3. Bantuan Sosial (Bansos) Sembako

Semasa 3 bulan (April – Juni 2020), total anggaran yang sudah disiapkan pemerintah untuk bantuan jenis ini adalah sejumlah Rp3. 42 triliun diluar penerima PKH ataupun kartu sembako.

Baca Juga: Tumbuh 2, 97%, Presiden Jokowi: Ekonomi RI Relatif Baik Dibandingkan Negara Lain

Target sasaran penyambut bansos sembako ini ditaksir maka 1. 3 juta keluarga buat daerah DKI Jakarta, serta 600 ribu keluarga untuk daerah Enau, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

4. Bantuan Baik (Bansos) Tunai

Bantuan ini akan diberikan semasa tiga bulan dengan indeks bantuan sebesar Rp600 ribu per bulan per keluarga. Menurut Juliari, penerima bantuan ini adalah mereka dengan belum menenerima bansos PKH, BPNT, maupun kartu pra kerja.

Para penerima bantuan agenda ini adalah seluruh keluarga yang ada di dalam Data Harmonis Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan data tambahan dari pemerintah daerah yang selama ini tidak pernah menyambut bansos.

Loading…