Telah Mulai Bekerja di Kantor? Begini Cara Cegah Penyebaran Covid-19

Telah Mulai Bekerja di Kantor? Begini Cara Cegah Penyebaran Covid-19

JAKARTA – Pemerintah sudah memberikan kelonggaran dalam bekerja selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi. Di mana, perusahaan membolehkan 50% pegawainya bekerja pada rumah (work from home/WFH) dan sisanya bekerja di kantor (work from office/WFO).

Bagi para pegawai yang melakukan WFH pastinya tetap menjaga penyebaran virus Covid-19. Namun, bagi pegawai yang WFO, pastinya harus melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk mencegah Covid-19 bagi para pegawai yang WFO. Mengutip instagram Kemenkes, Jakarta, Senin (15/6/2020), lakukan lah hal terkait saat kamu bekerja di kantor:

  Lihat juga: Benarkah Biaya Pelatihan Kartu Prakerja Mahal? Cek Faktanya

1. Saat Perjalanan dari atau ke Tempat Kerja

Pertama, pastikan dalam kondisi sehat dan tetap menggunakan masker. Perlu juga memperhatikan protokol kesehatan dalam menggunakan transportasi umum.

Adapun yang harus diperhatikan di transportasi umum, ialah, tetap jaga jarak, kurangi menyentuh fasilitas umum. Jika terlanjur, pakailah hand sanitizer atau mencuci tangan setelah turun dari transportasi.

Bila menggunakan kendaraan roda dua, gunakanlah helm sendiri. Upayakan membayar dengan menggunakan nontunai.

  Baca juga: Potensi Lapangan Kerja Sektor Ketenagalistrikan Besar, Berminat?

2. Selama di Tempat Kerja

Saat tiba, segeralah mencuci tangan. Bila menggunakan lift, pakailah siku untuk menekan tombol lift serta tidak berkerumunan dan jaga jarak.

Saat di meja, bersihkan area meja kamu dan alat-alat kerja. Kurangi fasilitas dan peralatan yang dipakai bersama.

Usahakan, aliran udara lalu sinar matahari masuk. Biasakan tidak berjabat tangan dan tetaplah memakai masker.

  Baca juga: Sudah 3 Gelombang, Ternyata Kartu Pra Kerja Punya Banyak Kekurangan

3. Saat Tiba pada Rumah

Jangan bersentuhan dengan keluarga sebelum membersihkan diri. Cuci pakaian dan masker dengan deterjen.

Bila kamu menggunakan masker sekali pakai, sobek lalu basahi dengan desinfektan sebelum dibuang. Peralatan yang kamu bawa, contohnya handphone, kacamata hingga tas bersihkan terlebih dahulu.

Jadi bagi kamu yang WFO, Jangan asal berangkat kerja ahora. Yuk perhatikan protokol pencegahan COVID-19 di tempat kerja.

(rzy)

Loading…