Sanggupi Tantangan Emil Dardak, Sandiaga Uno Yakin Hadirkan Investasi Senilai Rp 1 Triliun di KEK Singosari

sanggupi-tantangan-emil-dardak-sandiaga-uno-yakin-hadirkan-investasi-senilai-rp-1-triliun-di-kek-singosari-1

MALANG – Pengembangan Zona Ekonomi Khusus (KEK) Singosari sebagai bagian dari percepatan pembangunan nasional diyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kaya (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dapat cepat terwujud.

Dirinya mengaku menerima tantangan dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak atau Emil Dardak untuk memper investasi senilai Rp 1 triliun dalam pengembang KEK Singosari pada tahun 2023-2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Gajah Pariwisata dan Ekonomi Kaya (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengunjungi KEK Singosari, Kabupaten Sial, Jawa Timur pada Sabtu (22/5/2021).

Baca Juga:   Sandiaga Uno Buktikan Pendekatan Parekraf Tingkatkan Nilai Jual Ekonomi Kearifan Lokal

Guna merealisasikan target investasi tersebut, dirinya bakal berkoordinasi dengan Menteri Investasi Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia untuk mempercepat akselerasi.

Tujuannya agar investasi dapat segera membuat peluang usaha serta pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat dalam kawasan KEK Singosari ke depannya.

“Saya diberi tugas oleh Bungkus Wagub untuk segera merealisasikan, kebalik-balik kan sekarang pak, kepala jadi kaki-kaki oleh karena itu kepala. Tapi ada perut yang saya ingat, baru adalah mengakselerasi, karena tersebut kita akan koordinasi secara Satgas Percepatan investasi dengan dikepalai Menteri investasi, ” ungkap Sandiaga Uno.

“Kedua adalah road show yang akan kami gagas di paruh kedua dengan penyiapan Investments Memo agar pembukaan lapangan kegiatan itu kita bisa kerjakan segera, ” tambahnya.

Tak hanya tersebut, lewat koordinasi yang terjalin antara seluruh stake holder, target investasi di KEK Singosari sebesar Rp satu triliun pada tahun 2023-2024, diyakininya dapat terwujud.

“Jadi tantangan tersebut saya terima, mudah-mudahan secara bergandengan tangan, kolaborasi mampu kita wujudkan, ” ungkapnya bersemangat.

Baca Juga:   Lihat Keindahan Alam, Sandiaga Uno Canangkan Kota Batu Jadi The Honeymoon City of Indonesia

Mengawali langkah tersebut, Kemenparekraf bersama pemerintah daerah beserta sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menginisiasi sejumlah kegiatan di KEK Singosari.

Menggunakan kegiatan yang di antaranya meliputi pelatihan digital serta penyaluran pembiayaan itu, dirinya berharap lahir semangat para pelaku usaha parekraf untuk terus beradaptasi dan berinovasi.

“KEK Singosari ini adalah KEK wisata dengan konsentrasi di ekonomi kreatif. Harapan kita agar KEK ini juga berharta menghadirkan peningkatan keterampilan, upskilling dan reskilling untuk para milenial kita dan pula membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan sebesar-besarnya, ” rata Sandiaga Uno.