Sabar Ya, Gaji Ke-13 PNS Belum Diputuskan Kapan Cairnya

Sabar Ya, Gaji Ke-13 PNS Belum Diputuskan Kapan Cairnya

JAKARTA kepala Pemerintah melalui Departemen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Pembaruan Birokrasi menyatakan, gaji ke-13 buat Pegawai negeri sipil (PNS) tarikh ini masih belum ada keputusan.

Seperti diketahui gaji ke-13 PNS biasanya dicairkan pada bulan Juli ini dengan untuk membantu meringankan PNS pada pembiayaan pendidikan.

“Ya (belum ada keputusan), ” sebutan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negeri dan Reformasi Birokrasi (SesmenPANRB) Dwi Wahyu Atmaji melalui pesan singkatnya, Senin (6/7/2020).

Baca Juga:   Gaji ke-13 PNS Tak Cair Bulan Ini 

Dwi Wahyu menjelaskan, bahwa pemerintah saat ini fokus pada penanganan Covid-19. Sebelumnya karena Covid-19, tidak semua PNS menerima tunjangan hari raya (THR). Di mana PNS eselon II dan I tidak menerima THR.

“Pemerintah masih fokus penanganan dampak Covid, ” ungkapnya.

Membaca Juga:   Fakta di Pulih Penantian Gaji ke-13 PNS, Redup Tahun Ini?  

Gaji ke-13 diberikan sejak tahun 2004. Pada tahun berarakan gaji ke-13 diatur di dalam (PP) Nomor 35 Tahun 2019. Sesuai dengan PP tersebut beberapa komponen gaji ke-13 pada tahun 2019 paling sedikit meliputi honorarium pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

Sementara komponen memutar banyak gaji ke-13 yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan lembaga atau tunjangan umum, dan tumpuan kinerja. Lalu untuk pensiun komponen gaji ke-13 meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan bunga penghasilan.

(dni)

Loading…