Panduan Cara Daftar UMKM Online Terlengkap

panduan-cara-daftar-umkm-online-terlengkap-1

JAKARTA – Panduan cara daftar UMKM online terlengkap bisa memeriksa di sini. Saat ini, pemerintah mendorong UMKM go digital unutk berjualan secara online.

Apalagi kini, pemerintah menyediakan bantuan bagi pelaku UMKM dalam bentuk BPUM atau BLT UMKM Rp1, 2 juta. Pemerintah memudahkan pelaku jalan dengan layanan daftar UMKM online.

Baca Juga: Syarat UMKM Dapat BLT

 

Total ada sebanyak 12, 8 juta pelaku usaha mikro yang akan diberi BLT UMKM 2021 dengan total taksiran yang disiapkan sebesar Rp 15, 36 triliun.

UMKM harus mendaftar untuk mendapatkan Bantuan Kaya Usaha Mikro (BPUM). Bantuan ini dibutuhkan bagi pelaku usaha mikro yang belum bankable atau tidak memperoleh kredit perbankan.

Beberapa pemda, sudah melayani daftar UMKM online, ataupun mengajukan berkas yang dikerjakan secara online. Sementara kaum daerah masih mewajibkan pelaku usaha untuk datang langsung guna menyerahkan berkas.

Selanjutnya dinas tersebut akan menyampaikan ke jawatan di tingkat provinsi berserakan dilanjutkan ke Kemenkop & UKM Deputi Bidang Usaha Mikro.

Adapun berkas yang menetapkan dipersiapkan adalah:

Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Nomor Kartu Keluarga (KK)

Nama lengkap

Alamat tempat status

Bidang jalan

Nomor telepon.

Kondisi daftar BLM UMKM 2021

WNI

Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Memiliki usaha mikro

Bukan PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD

Tak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR

Untuk pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan kedudukan usaha berbeda bisa menyertakan Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Jalan dafar UMKM bisa dikerjakan secara online menggunakan HP untuk mendapatkan BLT Rp 1, 2 juta. Sebelumnya cek daftar penerima BPUM yang cair di BRI melalui formulir online (eform) di link eform. bri. co. id/bpum.

Bukti bahwa seseorang memiliki UMKM adalah melalui dokumen Nomor Izin Berusaha (NIB) yang bisa didapatkan secara cara daftar UMKM online di link oss. go. id.