Nelayan Kekurangan Benih Lobster!

Nelayan Kekurangan Benih Lobster!

JAKARTA – Kebijakan kontroversial pencabutan aturan pembatasan ekspor benih lobster kembali mendapat menggubris. Hal itu setelah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK.

Patuh pengamat Ekonomi Kelautan Suhana, kebijakan ekspor benih lobster akan sangat merugikan nelayan. Jenis lobster yang ekspor adalah lobster mutiara dan pasir di mana memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Sementara jenis baka lobster yang dibudidayakan atau dikembangkan oleh nelayan Indonesia relatif invalid memiliki harga tinggi.

“Bagi nelayan kita justru sangat dirugikan, karena mereka tidak lagi bisa menangkap lobster untuk ukuran konsumsi. Dan untuk para pembudidaya lobster di Nusantara sendiri, saat ini banyak dengan kekurangan benih, karena hampir beberapa besar benih untuk lobster yang nilai ekonominya tinggi itu diekspor ke Vietnam, jadi yang dalam ekspor itu lebih banyak lobster jenis mutiara dan pasir dan itu harganya tinggi, ” perkataan Suhana dalam sebuah acara, Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Dia menambahkan, kebijakan ekspor benih lobster juga tidak memberikan makna besar bagi Indonesia.

Baca Selengkapnya: dua Jenis Benih Lobster Diekspor Edhy Prabowo Buat Nelayan Rugi Gembung

(dni)