Naik Lagi, Indeks Dolar AS Menguat 0, 6% Selama Sepekan

naik-lagi-indeks-dolar-as-menguat-06-selama-sepekan-1

NEW YORK Dolar AS menguat tipis pada perdagangan Jumat atau mencatatkan kenaikan mingguan terbesar dalam sebulan. Dolar AS menguat didorong masukan penjualan ritel yang optimis membuat ekspektasi bahwa pertumbuhan ekonomi meningkat pada kuartal kedua.

Ruang dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata kekayaan naik 0, 11% menjadi 92, 675. Indeks terangkat 0, 6% selama seminggu.

Baca Serupa:   Dolar Menguat Didorong Turunnya Klaim Pengangguran AS

Pengukuhan dolar pada perdagangan Jumat terjadi meskipun Ketua Fed Jerome Powell menyatakan bahwa kenaikan inflasi bersifat tatkala. Bank Sentral AS kendati akan terus mendukung perekonomian.

“Data tersebut konsisten dengan ekonomi dengan membuat langkah substansial serta memperkuat ekspektasi pertumbuhan kuartal kedua sangat kuat sekitar 10%, ” kata Analis Pasar Senior Western Federasi Business Solutions, Joe Manimbo, dilansir dari Reuters, Sabtu (17/7/2021).

Baca Juga:   Indeks Dolar AS Lesu Tertindas Euro

Penjualan ritel AS secara tak terduga meningkat semasa Juni, karena permintaan bahan tetap kuat, bahkan ketika pengeluaran beralih kembali ke layanan.  

Meski demikian, sebuah inspeksi menunjukkan sentimen konsumen AS turun tajam dan tak terduga pada awal Juli. Hal ini karena kewaswasan inflasi merusak kepercayaan dalam pemulihan ekonomi.