Menyimak! Sri Mulyani Ungkap 5 Kunci Keluarkan Indonesia daripada Jebakan Kelas Menengah

simak-sri-mulyani-ungkap-5-kunci-keluarkan-indonesia-dari-jebakan-kelas-menengah-1

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap lima kunci transformasi yang harus dilakukan dalam bentuk mengeluarkan Indonesia dari tipu muslihat pendapatan menengah atau middle income trap.

Keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah merupakan Visi Indonesia 2045 yaitu menjelma negara berpendapatan tinggi sehingga masuk sebagai lima mulia kekuatan ekonomi dunia.

“Indonesia 2045 yang kita bayangkan adalah 100 tahun. Insya Allah Nusantara akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke satu abad, ” katanya dalam agenda Peluncuran Buku Indonesia 2045 di Jakarta, Jumat (20/8/2021).

Membaca Juga: Milenial Jangan Memprotes saat Krisis, Sri Mulyani Ingat Waktu Muda Menelaah di 1998

Kunci pertama ialah transformasi sumber daya bani adam (SDM) karena jika Nusantara ingin keluar dari jebakan kelas menengah maka masyarakatnya harus sehat, berpendidikan, dan memiliki keahlian.

Sri Mulyani mengatakan SDM harus sehat baik dengan skill, motorik, maupun intelektual sehingga mereka mampu tumbuh dan bekerja sama menciptakan relasi serta koneksi dengan memajukan Indonesia.

Oleh sebab itu, sistem kesehatan di Indonesia mau terus dibenahi untuk menciptakan pelayanan yang baik secara mengkombinasikannya dengan kemajuan teknologi digital.

Kunci kedua adalah transformasi pendidikan yang akan sangat berhubungan dengan transformasi SDM maupun sistem kesehatan terutama pada tengah pandemi COVID-19.

“Teknologi menjadi penting apalagi di situasi pandemi di mana anak-anak kita tidak bisa belajar pada kelas. Pasti ada dampaknya, ” ujarnya.