Menteri Basuki Pastikan Kemantapan Jalan buat Logistik

Menteri Basuki Pastikan Kemantapan Jalan buat Logistik

JAKARTA semrawut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membenarkan kesiapan dan kemantapan infrastruktur timah dan jembatan, baik jalan tol maupun jalan nasional untuk membantu jalur logistik kebutuhan pokok.

Jalan tol dan non pungutan telah disiapkan sebagai jalur logistik, termasuk ruas jalan yang fungsional jika dibutuhkan, untuk kelancaran buatan dan distribusi barang kebutuhan modal, obat-obatan atau alat kesehatan, beserta layanan kesehatan/kendaraan medis dalam rencana penanganan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami memastikan kemantapan pada jalan tol dan jalan nasional yang elok, termasuk menjaga agar satu daerah tidak terisolasi karena jalan serta jembatan putus, misalnya di Lumajang dan Solok, ” katanya, dikutip dari laman Setbak, Jumat (8/5/2020).

Baca Pula:   Jaga Jalur Logistik Poso-Parigi, Jembatan Samalera Diperbaiki

Selain itu, kesiapan sarana tersebut juga untuk mendukung pergerakan karena kepentingan khusus yang diizinkan Pemerintah selama pelaksanaan Pembatasan Baik Berskala Besar (PSBB) Pandemi Covid-19 dan kebijakan larangan Mudik Lebaran Tahun 2020.

Pada mengantisipasi keadaan darurat bencana, Kementerian PUPR menyiapkan Posko dan mengerahkan Tim Tanggap Darurat Bencana Disaster Relief Unit (DRU) di lokasi-lokasi rawan bencana. Misalnya perbaikan bulevar ambles pada jalan nasional buku Solok-Surian di Sumatra Barat, ulama Pantura di wilayah utara Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Lumajang, dan pembersihan jalan akibat banjir di wilayah Cilegon, Banten.

(fbn)

Loading…