Menkop Teten: Saatnya Milenial Jadi Petani dan Peternak

menkop-teten-saatnya-milenial-jadi-petani-dan-peternak-1

JAKARTA – Menjadi wirausaha bisa jadi pilihan strategis bagi kaum milenial. Selain punya modal berupa tekad kemandirian yang tinggi, milenial juga sangat dinamis.

“Saatnya menjadi petani, peternak, atau pembudidaya tolol muda di negeri ini, ” ucap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada acara Dies Natalis ke-15 dan Lustrum ke-3 Universitas Negeri Semarang (UNNES), secara daring, Kamis (10/6/2021).

Menangkap Juga: Ada Pabrik Tempe di Jepang hingga Dikenal Sampai Meksiko

Teten melihat potensi ini bisa meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia yang saat ini baru 3, 47%. Angka ini bertambah rendah dibandingkan Thailand 4, 26%, Malaysia 4, 74%, dan Singapura 8, 76%.

“Apalagi, pemerintah tengah menyusun Rancangan Perpres Pengembangan Kewirausahaan Nasional sekaligus turunan dari UU Membentuk Kerja dan PP No 7/2021, ” imbuh Teten.

Baca Juga: Contoh Usaha Kuliner Pinggir Jalan, dari Martabak hingga Kue Cubit

Menurut Teten, instrumen ini nantinya diharapkan dapat memastikan target wirausaha muda mapan dengan inovasi, teknologi, berkelanjutan, dan menelungkupkan seluas-luasnya lapangan kerja.

“Target rasio kewirausahaan tahun ini sebesar 3, 55% dan sebesar 4% di tahun 2024, ” tegasnya.

Tempat menambahkan bahwa digitalisasi menjelma media akselerasi pertumbuhan daya koperasi dan UMKM. Bersandarkan data Asosiasi e-commerce Indonesia (IdEA), kata Teten, selama pandemi terjadi kenaikan pemasaran pada platform e-commerce sebesar 25%.