Menjurus KKP Tingkatkan Kualitas Kebijakan dengan Data yang Akurat

Menjurus KKP Tingkatkan Kualitas Kebijakan dengan Data yang Akurat

JAKARTA – Data memiliki interpretasi penting bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan dalam pendirian nasional untuk memajukan kesejahteraan kaum. Ketersediaan data yang akurat, terkini dan reliable sangat dibutuhkan di dalam pengambilan kebijakan di berbagai bagian.

Dalam sektor kelautan dan perikanan, isu penting perlu ditangani secara cepat & akurat, sehingga ketersediaan data & informasi sosial ekonomi berskala mikro secara periodik menjadi kebutuhan yang mendasar guna perumusan kebijakan sektor kelautan dan perikanan.

  Baca juga: Masih Ada Pencurian Ikan Pakai Rumpon Ilegal, 194 Kapal Diciduk

Kepala BRSDM, Sjarief Widjaja, mengutarakan data mikro dapat dimanfaatkan untuk menjawab berbagai permasalahan masyarakat kelautan dan perikanan, karena data mikro dapat menggambarkan kondisi kesejahteraan rumah tangga kelautan dan perikanan. Melalui keterangan mikro inilah, perubahan profil baik ekonomi rumah tangga di sentra perikanan dengan tipologi yang berbeda dapat diketahui.

“Setiap lembaga penyedia data mempunyai peran dan kewenangan masing-masing, namun demikian semua institusi memiliki potensi melakukan koleksi data yang bisa dimanfaatkan untuk merumuskan pengambilan kebijakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan, ” ujar Sjarief dalam keterangam tertulisnya, Minggu (19/7/2020).

Pengelolaan data di Kementerian Kelautan dan Perikanan diatur melalaikan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No 67/Permen-KP/2017 tentang Kepala Data Kelautan dan Perikanan. Berdasarkan peraturan ini maka data dengan tersebar di berbagai Unit Kegiatan Eselon I lingkup KKP diintegrasikan dalam satu standar data dengan dilengkapi dengan satu metadata serta diseminasi secara elektronik dalam satu portal data.

  Baca juga: Budidaya Mengintai Putih, Pasar Ekspor ke Eropa hingga Amerika

Kemudian, lanjut dia, untuk keterangan transaksi yang memiliki sifat rajin dikelola oleh unit kerja eselon I sesuai dengan kewenangannya pada bawah koordinasi Unit Data Departemen.

Balai Luhur Riset Sosial Ekonomi Kelautan & Perikanan (BBRSEKP) sebagai salah mulia institusi riset di bawah BRSDM yang melaksanakan riset sosial ekonomi kelautan dan perikanan sesuai dengan Permen KP no 18/PERMEN-KP/2017 memiliki fungsi untuk menyelenggarakan pengelolaan keterangan, informasi, dan publikasi hasil penelitian sosial ekonomi kelautan dan perikanan. Pada tahun 2020, BBRSEKP melakukan riset Indikator Mikro Sosial Ekonomi untuk mendukung Pembangunan KP.

“Riset tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran data mikro skala keluarga perikanan di provinsi terpilih, serta dapat berjalan dibanding tahun ke tahun sehingga dapat terkumpul data time series untuk memantau dan memahami berbagai transisi jangka panjang profil rumah tangga di daerah pedesaan dengan jenis tipologi kelautan perikanan yang bertentangan, ” ungkap dia.

Loading…