Mendes: Ada 19. 981 Desa dengan Belum Salurkan BLT Dana Dukuh

Mendes: Ada 19

JAKARTA – Departemen Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal serta Transmigrasi (PDTT) telah menyalurkan Rp2, 28 triliun dana desa buat Bantuan Langsung Tunai (BLT). Tersedia sekitar 3, 8 juta suku miskin yang sudah mendapatkan BLT desa.

Gajah Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan, dari jumlah tersebut tersedia sekitar 19. 981 desa dengan belum menyalurkan BLT. Angka itu sekitar 35% 56. 993 daerah yang terdata.

  Mengaji juga: Mendes PDTT Sebut 17. 259 Daerah Sudah Salurkan BLT Dana Desa

Sementara itu ada sekitar 37. 012 desa yang sudah menyalurkan BLT Desanya. Angka tersebut perdana sekitar 65% dari 56. 993 desa yang terdata.

“Desa yang sudah musdes (musyawarah desa) khusus dan sudah menetapkan calon KPM, namun belum menyalurkan BLT DD 19. 981 desa, ” ujarnya dalam teleconfrence, Jumat (22/5/2020).

  Baca juga: Dana Kampung Mengalir untuk Relawan Lawan Covid-19 Capai Rp2, 59 Triliun

Menurut Abdul, ada beberapa kendala yang menghadang pada penyaluran BLT dana desa tersebut. Salah satunya adalah karena adanya saling menunggu antara pemerintah praja dan kabupaten supaya penyalurannya bersaingan.

“Nah ini kadang-kadang permasalahan itu ada di daerah. Di mana bupati atau walikota menginginkan adanya kesamaan bareng (menyalurkan), ” jelasnya.

Selain, itu Abdul Halim menuturkan persoalan lain yang menghambat penyaluran BLT Dana Desa yakni masih adanya program bantuan sosial yang belum selesai. Sehingga supaya BLT Dana Desa lebih benar sasaran sebagian desa memilih buat menunggu.

“Nah maksud kita. Kita berharap, kalau desa sudah siap biarkan daerah menyelesaikan, yang belum itu dengan menyelesaikan, ” kata Abdul.

(rzy)

Loading…