Mempertimbangkan! Sisihkan THR untuk Sedekah Darurat

ingat-sisihkan-thr-untuk-dana-darurat-1

JAKARTA semrawut Ketika Lebaran, seluruh perusahaan wajib membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada setiap pegawainya. Jadwal pembayaran THR tersebut dapat membuat dewan para buruh kembali menebal jelang hari raya Idul Fitri.

Namun, di tengah Pandemi Covid-19 yang belum usai, oleh karena itu alangkah baiknya agar pengelolaan THR diatur secara indah dan efisien. Salah utama alokasi yang harus diutamakan, yaitu menyisihkan anggaran THR untuk disimpan ke sokongan darurat.

  Baca serupa: Ini Tips Keuangan untuk Milenial Jelang Lebaran, Tanpa Lupakan Dana Darurat

“Dana genting sangat penting karena era epidemi ini situasi yang tidak pasti. Proporsi untuk pos prioritas ini adalah 10-30% dari THR dengan didapat, ” kata Perencana keuangan Mike Rini Sutikno kepada Okezone, Minggu (9/5/2021).

Menurut dia, THR bukan untuk dihabiskan pada saat hari umum. THR dapat dipergunakan untuk biaya pengeluaran setelah keadaan raya usai. Agar THR tidak cepat habis, maka perlu bijak mengelola THR yang didapatkan pada hari raya.

  Baca juga: Jalan Kelola THR jika Pembalasan Dicicil

“Pola pikir kita menerjang THR perlu diubah, THR bukan rezeki yang sampai untuk dihabiskan semua dalam saat hari raya, ” ujarnya.

Tempat menambahkan dana THR bisa digunakan untuk keperluan yang lain seperti liburan, halal bihalal, renovasi rumah. “Keperluan laksana ini dialokasikan hanya sekitar 10%-15%, ” katanya.

(rzy)