Membuat Rumah Terang dengan Terang Alami, Begini Caranya

bikin-rumah-terang-dengan-cahaya-alami-begini-caranya-1

JAKARTA – Cahaya alami yang masuk ke pada rumah selalu lebih cara dibanding cahaya buatan. Hal ini membuat ruangan dipenuhi warna dengan spektrum yang kaya dan bisa meningkatkan kadar serotonin tubuh. Peristiwa terbaik dari semuanya, terang alami tidak menguras tagihan listrik, alias gratis.

Banyak rumah tidak dibangun dengan mempertimbangkan cahaya alami. Selain menghadapkan vila ke arah matahari, ataupun memindahkannya ke lokasi yang lebih terang, ada beberapa hal lain yang mampu dilakukan untuk menambah cahaya alami di rumah.

Berikut beberapa tips merombak rumah yang secara signifikan meningkatkan cahaya alami interior rumah, dilansir dari The Spruce, Sabtu (5/6/2021).

Cat Pondong dengan Warna Putih

Serambi yang dibuat oleh atap dinamakan sofit. Entah dibiarkan jadi atap terbuka atau ditutup dengan soffit horizontal. Bagian ini memantulkan cahaya alami dan mengirimkannya ke pada rumah.

Baca Juga:   Rumah Nyaman dan Aman Selama Covid-19, Begini Caranya

Mengecat pondong dengan warna putih merupakan salah satu cara buat meningkatkan cahaya alami di setiap ruangan di rumah. Walaupun warna eksterior vila berbeda, pemilik tetap mampu mengecat atap hanya dengan warna putih. Karena kemiringan atap, tampilan tidak mau terpengaruh dan hanya mau terlihat dari dalam sendi.

Gunakan Cat Dinding dan Plafon yang Lebih Ringan dan Cerah

Mengecat dinding dan plafon dengan warna putih atau warna terang lainnya barangkali tampak seperti cara dengan mudah untuk menambahkan bertambah banyak cahaya. Tetapi bila tidak terlalu yakin, pertimbangkan tip berikut:

Warna dinding interior merupakan cara nomor satu untuk memantulkan cahaya alami balik ke ruangan. Putih adalah yang paling terang. Kalau tidak suka, lihatlah warna putih dengan tone warna lain.

Baca Juga:   7 Inspirasi Desain Ruang Anak Minimalis

Langit-langit itu penting: Umum langit-langit berwarna putih karena alasan memantulkan cahaya. Warna putih datar lebih disukai daripada kilau mengkilap karena lapisan matte mengurangi silau, dan langit-langit tidak memerlukan cat glossier yang mungkin dibersihkan karena tidak sering tersentuh, seperti dinding dan trim.

Ubah Dinding dengan Cet Gloss Lebih Tinggi

Semakin mulia tingkat kilapnya, maka semakin tinggi pantulan cahayanya. Secara kata lain, dengan menggunakan cat glossy untuk dinding, akan memberikan efek seolah-olah cermin. Dan pada dasarnya, cermin memantulkan cahaya.

Gunakan Cermin atau Ubin yang Sangat Meditatif

Ubin kaca adalah kejadian terbaik berikutnya untuk mencantumkan cermin di backsplash bagian atau kamar mandi. Di cahaya yang tepat, ubin kaca memantulkan hampir 100 persen cahaya.

Pilihan kedua, pasang ubin keramik yang sangat mengkilap untuk efek reflektif dengan hampir sama. Bandingkan benih backsplash refleksi rendah seolah-olah beton atau kayu dengan backsplash ubin putih biasa. Untuk refleksi maksimal, nyalakan lampu lebih banyak lagi dan pasang ubin backsplash metalik.