Mahir Syariah Pasar Modal Wajib Miliki Sertifikat, Ini Alasannya

ahli-syariah-pasar-modal-wajib-miliki-sertifikat-ini-alasannya-1

JAKARTA – Dominasi Jasa Keuangan (OJK) melayani edukasi Peraturan Otoritas Uluran tangan Keuangan (POJK) Nomor 5/POJK. 04/2021 mengenai Ahli Syariah Pasar Modal. Regulasi tersebut menjadi aturan main untuk pasar modal syariah secara meningkatkan kapasitas Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM).

Kepala Eksekutif Pengelola Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan, penyempurnaan pengaturan POJK Ahli Syariah Pasar Modal antara lain mengenai penuntasan persyaratan kompetensi menjadi Ahli Syariah Pasar Modal.

  Baca juga: Ramadhan Berkah, Market Review Saham Syariah di IG Live MNC Sekuritas, Pukul 12. 00 Ini

“Ahli Syariah Pasar Pangkal diwajibkan untuk memiliki surat kompetensi yang dikeluarkan sebab Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bidang pasar simpanan, ” ujar Hoesen dalam keterangannya di Jakarta (26/4/ 2021).

Mampu Syariah Pasar Modal merupakan orang perseorangan yang memiliki pengetahuan dan pengalaman pada bidang syariah yang memiliki izin untuk memberikan instruksi dan/atau mengawasi pelaksanaan implementasi prinsip syariah di pasar modal oleh pihak yang melakukan kegiatan syariah di pasar modal dan/atau menyampaikan pernyataan kesesuaian syariah untuk produk atau jasa syariah di pasar modal.

  Baca juga: IDX-MES BUMN 17, Indeks Syariah Baru pada Bulan Ramadan, Kerja Persis BEI dan Masyarakat Ekonomi Syariah

Dalam pokok ketentuannya, Pandai Syariah Pasar Modal tetap memenuhi persyaratan integritas serta kompetensi. Antara lain mulut melakukan perbuatan hukum, tak pernah melakukan perbuatan rendah dan/atau dihukum, karena terbukti melakukan tindak pidana pada bidang keuangan dalam lima tahun terakhir sebelum mengajukan permohonan izin ASPM.