Liburan Akhir Tahun Lewat Tol? Siapkan Surat Wajib Rapid Test Antigen

Liburan Akhir Tahun Lewat Tol? Siapkan Surat Wajib Rapid Test Antigen

JAKARTA – Kementerian Perhubungan mewajibkan masyarakat yang hendak pergi berlibur ke luar kota untuk melakukan rapid tes antigen dan PCR tes. Tak terkecuali untuk para penumpang yang menggunakan transprotasi darat.

Keputusan itu setelah Direktorat Jenderal Perhubungan Tanah Kementerian Perhubungan mengeluarkan Surat Edara (SE) nomor 20 tahun 2020. Di mana aturan tersebut dibuat untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19) pada saat liburan natal dan tahun baru 2021.

Baca Juga:   Rest Zona Km 50 Tol Jakarta-Cikampek Ditutup Permanen, Ini 5 Faktanya

Mengutip dari SE tersebut, Senin (21/12/2020) dalam preskripsi tersebut bagi para penumpang dengan melakukan perjalanan dengan transportasi tanah di dalam Pulau Jawa harus diimbau untuk menggunakan rapid ulangan antigen yang berlaku palin periode 3 kali 24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara itu, untuk perjalanan yang akan menuju ke Pulau Bali, wajib memakai surat keterangan hasil negatif menggunkan rapid tes antigen dengan kala berlaku tiga hari sebelum keberangkatan. Sedangkan bagi anak-anak di bawah umur 12 tahun tidak diwajibnkan untuk melakukan PCR atau Rapid tes antigen.

Baca Juga:   Macet Hanya, Jasa Marga Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Gerbang Pungutan Cibubur

Keputusan ini berlaku sejak 19 Desember 2020 yang lalu untuk menyekat penyebaran virus corona saat libur natal dan tahun baru. SE ini akan berlaku hingga 8 Januari 2020 mendatang.