Ledakan Kasus Covid-19 Jadi Beban Rupiah Hantam Dolar AS

Ledakan Kasus Covid-19 Jadi Beban Rupiah Hantam Dolar AS

JAKARTA kepala Nilai tukar Rupiah kepada dolar Amerika Serikat (AS) diprediksi bergerak melemah pada perdagangan keadaan ini. Rupiah diperkirakan bergerak ke kelas Rp14. 120 per USD tenggat Rp14. 250 per USD.

Mengutip laporan MNC Tresury Bank, Jakarta, Jumat (4/12/2020), dari dalam negeri, pergerakan Rupiah didukung oleh membaiknya ekonomi di Kuartal IV/2020. Hal ini membuat pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi 2021 akan berada di kisaran 4, 8% hingga 5, 8%.

Baca Juga:   Kian Lemah Tak Berdaya, Kejayaan Dolar AS Berakhir 

Optimisme pertumbuhan ekonomi tak terlepas dari rasa optimisme kepada perkembangan ekonomi secara global pada 2021 akan tumbuh positif tenggat 5%, setelah terkontraksi 3, 8% pada tahun ini.

Namun berita tentang kenaikan kasus Covid-19 yang cukup istimewa di Indonesia beberapa hari final ini menjadi beban untuk cepat penguatan Rupiah. Namun harapan adanya laju aliran modal masuk lantaran eksternal membuat sentiment mata uang garuda masih positif. Pasar serupa masih memantau uji keberhasilan vaksin yang berarti distribusi vaksin semakin dekat.

  Rupiah Melemah di Angka Rp14.777/USD