KSP: Tol Laut Efektif Kurangi Disparitas Harga

ksp-tol-laut-efektif-kurangi-disparitas-harga-1

JAKARTA – Kantor Staf Pemimpin menyebut Program Tol Laut masih perlu dioptimalkan biar mampu menekan disparitas nilai, khususnya di kawasan timur Indonesia.

“Terutama bagi Pemerintah Daerah dalam wilayah Indonesia Timur. Jadi lalu lintas barang tak hanya mengalir dari Barat ke Timur, tapi juga sebaliknya, ” kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian I Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian dilansir dibanding Antara, Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga: Tol Laut Gunungsitoli Lakukan Optimalisasi untuk Kurangi Divergensi Harga

Sejauh ini, kata Helson, Program Tol Laut sudah berhasil menurunkan disparitas nilai beberapa komoditas. Namun dasar program unggulan Presiden Joko Widodo ini masih menetapkan optimalisasi agar memberikan buah yang lebih luas.

KSP, kata Helson, akan terus mengawal implementasi Tol Laut termasuk menganjurkan pendampingan ke Pemerintah Daerah untuk meningkatkan daya bertarung produk.

Tempat mengatakan Tol Laut pula menjadi program Kepala Negara untuk memeratakan pembangunan & peningkatan kesejahteraan masyarakat. Buat itu, Tol Laut kudu dioptimalkan untuk mewujudkan konektivitas pulau-pulau di Indonesia supaya memudahkan mobilitas logistik.

Baca Juga: KSP Ingin Muatan Balik Tol Laut di Pangkalan Sorong Dioptimalkan

“Konektivitas yang baik ini diharapkan mampu menurunkan biaya logistik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” kata Helson.

Sebelumnya, KSP telah menjadikan Rapat Koordinasi Optimalisasi Program Tol Laut di Gedung Bina Graha Jakarta, Jumat (16/4). Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Antoni Arif Priadi dalam rapat itu menyampaikan pelaksanaan program Tol Laut telah mengalami peningkatan yang signifikan sejak mulai direalisasikan pada 2016.