Jokowi Ingin Nikel Diolah Oleh sebab itu Baterai Mobil Listrik

jokowi-ingin-nikel-diolah-jadi-baterai-mobil-listrik-1

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan momentum krisis pandemi Covid-19 jadi momentum mempercepat transformasi ekonomi nasional.

Di dalam Kongres ISEI XXI & Seminar Nasional 2021, Jokowi mengatakan, Indonesia harus siap mengubah ketergantungan ekonomi dari sektor konsumsi ke daerah produksi. Dirinya mencontohkan, transformasi di sektor industri sudah dilakukan dengan hilirisasi barang nikel yang akan diolah menjadi komoditas jadi bernilai tambah yakni baterai litium (lithium battery).

Baca Juga:   Pemimpin Jokowi Tegaskan Akses Pembiayaan Harus Mudah

“Semua komoditas yang ada kita dorong buat hilirisasi, untuk industrialisasi, misalnya nikel dalam 3-4 tarikh akan berubah menjadi barang jadi, lithium baterai, aki listrik, baterai mobil elektrik, ” ujarnya, dikutip sejak Antara, Selasa (31/8/2021).

Selain nikel, Presiden juga meminta komoditas sumbangan seperti bauksit dan barang perkebunan seperti kelapa sawit harus diolah untuk menghasilkan barang bernilai tambah.

Di samping tersebut, Ia juga mendorong percepatan transformasi di sektor pertanian yang menyentuh aspek desa hingga hilir.

Baca Juga:   Sri Mulyani Ketar-ketir Lihat Puncak Mulai Macet, Tersebut 4 Faktanya

Produksi komoditas pertanian, ujar Presiden, harus diversifikasi. Kelembagaan petani dengan ideal klaster juga harus diperkuat. Selain itu, badan cara milik petani, koperasi serta Badan Usaha Milik Tempat juga harus selalu dikembangkan.