Hari Terakhir Lapor SPT, Penuh yang Lupa EFIN

hari-terakhir-lapor-spt-banyak-yang-lupa-efin-1

  JAKARTA – Waktu pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan ( SPT ) Pajak Penghasilan (PPh) bagi Wajib Pajak Karakter Pribadi (WP OP) berakhir hari ini. Jika telat atau tidak melapor hendak dikenakan denda.

Namun hari terakhir pelaporan SPT ini banyak yang lupa pasword dan isyarat EFIN.

“@kring_pajak lupa efin kak, livechat sibuk terus, gimana kak? Tolong bantu mau setia lapor spt ini, ” tulis akun rahmatsu bagaikan dikutip di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga:   Lupa Password EFIN saat Melapor SPT? Jangan Panik Ikuti Langkah Berikut 

Jika ingin memperoleh akun eSPT kamu balik. Kamu hanya cukup menemui akun-akun DJP yang tersebar di laman resmi itu, Twitter, Instagram atau jalan lainnya dengan mengajukan permohonan layanan lupa EFIN.

“Wajib pajak mampu menyampaikan permohonan layanan lengah EFIN dengan melampirkan sertifikat pendukung melalui Agen Kring Pajak, telepon/pesan Whatsapp ke nomor resmi KPP, surel resmi KPP, atau Direct Message (DM) akun jalan sosial KPP tempat tetap pajak terdaftar. Nomor telepon dan surel resmi setiap KPP dapat dilihat di dalam tautan www.pajak.go.id/unit-kerja,” tulis pernyatan Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Dalam melakukan pelaporan secara daring, seringkali wajib retribusi bingung mengenai istilah EFIN dan Password. Tidak kurang terjadi kesalahpahaman mengenai kedua istilah ini. Meskipun mirip, keduanya memiliki perbedaan kegiatan dan bisa membantu memacu proses pelaporan SPT.

1. EFIN

Sebelum melakukan pelaporan secara daring, wajib pajak memerlukan EFIN (Electronic Filing Identification Number). EFIN adalah nomor dengan terdiri dari 10 digit dan dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran pada posisi web pajak. go. id. Nomor EFIN tidak bakal berubah sehingga tidak menetapkan untuk memintanya kembali kala sudah memilikinya kecuali telah hilang.

Selain digunakan untuk melakukan pendaftaran pada situs web pajak. go. id EFIN juga dapat digunakan ketika tetap pajak lupa password retribusi. go. id. Dengan adanya nomor EFIN, wajib pajak tidak perlu datang ke kantor pajak untuk merubah password. EFIN juga dapat digunakan untuk mengganti email yang terdaftar pada kedudukan web pajak. go. id.

Penyelesaian Lupa EFIN

Ketika ingin mengubah password, ada kalanya uzur lupa Nomor EFIN. Ada beberapa cara untuk meminta Nomor EFIN

a. Datang langsung ke KPP atau KP2KP

b. Bertanya melalui Kring Pajak 1500200

c. Bertanya mencuaikan chat pajak di posisi web pajak. go. id

d. Men nomor telepon KPP tercatat

e. Memeriksa kembali berkas-berkas yang tersimpan