Hal yang Membuat Janda Bolong Dihargai Ratusan Juta Rupiah

Hal yang Membuat Janda Bolong Dihargai Ratusan Juta Rupiah

JAKARTA berantakan Tren bisnis di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 terus berubah. Setelah ikan cupang tenggat sepeda, kini ada tren usaha baru yang tengah booming yaitu tanaman hias janda bolong.

Bahkan, harga flora hias janda bolong ini tersedia yang mencapai hingga ratusan juta Rupiah. Satu tangkainya pun dihargai Rp30 juta.

Di Kawasan Bojongsari, Sawangan Kota Depok, dilakukan budidaya Janda Bolong. Terdapat tiga jenis dari tanaman dengan nama latin Monstera Adan Soni’i.

Di antaranya, Janda bolong regular non varigata yang dibanderol ratusan ribu Rupiah, janda bolong varigata yang berkisar hingga puluhan juta Rupiah.

Dan yang terakhir Janda Bolong Obliqua yang merupakan macam tanaman Janda Bolong dengan harga tertinggi. Sebab nilai estetika daun berpola yang sangat tipis.

 

Menurut Pecinta Flora Hias Herawati, tingginya harga tumbuhan tersebut dikarenakan adanya proses zona yang mengubah genetik tanaman tersebut hingga menyebabkan adanya dia warna pada satu tanaman yakni suci hijau atau kuning hijau.

“Tanaman hias janda bolong ini berkembang dengan cara merambat dan tumbuh di iklim tropis, ” tuturnya,

Baca Selengkapnya: Mengenal Janda Bolong, Tanaman Sultan yang Punya Harga Selangit

(dni)