Go Digital, UMKM Diharapkan Bisa Naik Kelas

Go Digital, UMKM Diharapkan Bisa Naik Kelas

JAKARTA kepala Para pelakun Usaha Mikro Mungil Menengah (UMKM) diharapkan bisa lekas go digital. Apalagi saat itu, para pemain besar seperti Amazon sudah mulai berinvestasi di Indonesia.

Amazon sendiri pada akhir tahun lalu sudah menaruh investasi di Indonesia sejumlah USD2, 5 miliar atau sekitar Rp35 triliun. Investasi ini dimanfaatkan oleh perusahaan asal Amerika Konsorsium ini untuk membangun tiga markas data di Indonesia.

  Baca juga: Cara UMKM biar Selamat dari Krisis Pandemi Covid-19

Wakil Pemimpin Umum Badan Pengurus Pusat Perangkat Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Anggawira dengan adannya pemain digital besar di Indonesia, diharapkan para pelaku UMKM bisa naik posisi. Asalkan para pelaku UMKM benar-benar memanfaatkan dengan baik fasiltas dengan diberikan oleh Amazon.

“Diharapkan UMKM ini mampu naik kelas dengan memanfaatkan wahana yang dimiliki Amazon, ” ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis (18/6/2020).

  Membaca juga: Angin Segar, Belanja Kementerian Rp700 Triliun Diprioritaskan untuk UMKM

Menurut Anggawira, ada sejumlah keuntungan dari produk-produk UMKM asal Indonesia. Salah satunya adalah pasar atau market dengan begitu besar mengingat Indonesia menjelma satu diantara negara dengan penduduk terbesar di dunia setelah China serta India.

“Karena memang market cukup luar umum ini harus bisa dimanfaatkan, ” ucapnya.

Para-para pelaku UMKM juga harus mampu merubah mindset tentang bisnis menggunakan digital. Selama ini, imej sebab bisnis digital adalah membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga sangat sedikit pelaku UMKM yang mau untuk menjual produknya lewat online.

“Bisa merubah mindset juga yang menyebut digital ini mahal, itu biayanya murah untuk memanfaatkan flow digital ini. Harapan saya bisa membawa penuh manfaat dan saya harap mampu menjadi negara maju & mandiri serta negara daulat, ” kata Anggawira.

(rzy)

Loading…