Gegara Corona, Yuk Mulai Evaluasi Perolehan hingga Pengeluaran

Gegara Corona, Yuk Mulai Evaluasi Perolehan hingga Pengeluaran

JAKARTA – Pandemi virus corona membuat masyarakat kudu melakukan evaluasi pada keuangannya. Tersedia empat hal yang perlu dievaluasi untuk mengatur keuangannya.

Perencana Keuangan dari Mitra Agenda Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, pertama adalah melakukan evaluasi dalam pengeluarannya. Dalam mengeluarkan uang kudu dipilah dengan bijak agar tidak tetap teratur meskipun sedang status pandemi.

  Baca juga: Asuransi Penting saat Resesi akan tetapi Sesuaikan dengan Kantong

Menurut Mike, pada kala pandemi biasanya ada beberapa pos pengeluaran yang meningkat. Akan namun, ada juga pos pengeluaran yang justru turun karena pandemi, oleh karenanya bagaimana orang tersebut bisa memanfaatkan dengan baik pos pengeluarannya.

“Jadi surplus dong. Nah surplusnya diapakan. Yang terbang ini karena apa listrik kalau-kalau, beli paket data. Buat perangkat buat anaknya belanja. Evaluasi jangan sampai kehilangan arah. mengatur pos-pos belanja kita, ” ujarnya saat dihubungi Okezone , Kamis (3/9/2020).

Baca juga: Berlagak Sok Makmur tapi Bikin Miskin, Ini Penyebabnya

Menurut Mike, hal yang harus dilakukan kemudian adalah melakukan evaluasi pada risiko keuangan. Apalagi bagi mereka dengan pekerjaan dan bisnisnya terganggu.

“Evaluasi anda punya efek keuangan ya. Bagi yang sudah kena PHK, atau bisnisnya selalu turun banget jadi pendapatannya itu hilang, ” jelasnya.