Gegara Corona Banyak Pengangguran, 10 Juta Orang Butuh Lapangan Pekerjaan

Gegara Corona Banyak Pengangguran, 10 Juta Orang Butuh Lapangan Pekerjaan

JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membicarakan pandemi virus corona atau Covid-19 telah berdampak pada banyaknya pengangguran baru. Diperkirakan akan ada 10 juta orang yang menganggur serta membutuhkan lapangan pekerjaan baru.

Baca Juga:   Makin Merajalela, Sudah 6, 4 Juta Pekerja Kena PHK Aliran Corona 

Menurutnya angka itu bahkan meningkat 3 juta karakter dibandingkan tahun lalu tingkat pengangguran tercatat 7 juta orang.

“Indonesia selama pandemi ini tercatat di Kemenaker 1, 8 juta terverifikasi menganggur serta sebanyak 1, 2 juta belum terverifikasi. Sehingga menambah tingkat penganguran tahun lalu besarnya 7 Juta akibat ini ada 10 juta butuhakn lapangan kerja, ” ujardalam diskusi virtual bersama Universitas Padjajaran (Unpad), Jumat (26/6/2020).

Baca Juga:   Menko Airlangga: Semakin Pusing Masyarakat, Makin Banyak yang Merokok 

Dia menjelaskan pengangguran dengan meningkat tak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga terjadi pada berbagai negara di Benua Eropa, seperti Jerman dan Italia dengan tingkat pengangguran mencapai 9, 9%. Di mana posisi ini sudah hampir sama dengan posisi pengangguran di sepanjang tahun lalu.

“Jadi hampir semua negara akan mengalami peningkatan pengangguran dan kemiskinan ekstrim global tarikh 2020. Hal itu karena pandemi Covid-19, ” ungkap dia.

Loading…