Gadang Diminati Bule Jadi Dekorasi, Harganya Fantastis

tampah-diminati-bule-jadi-dekorasi-harganya-fantastis-1

JAKARTA – Indonesia memiliki beraneka macam produk tradisional yang dibuat melalui kerajinan tangan atau kriya. Ternyata, produk-produk tradisional seperti itu banyak diminati oleh turis domestik tenggat internasional dan bisa menjadi peluang bisnis bagi bangsa lokal.

Seolah-olah yang beberapa waktu tahu viral, benda untuk mengayak atau mengeringkan nasi yang biasa disebut Tampah, berpindah fungsi menjadi barang dekoratif saat sampai di kampung orang. Benda tradisional itu disulap menjadi dekorasi dinding rumah yang unik serta menarik.

Baca Juga: Limbah Sisik Ikan Disulap Jadi Cuan

Tidak hanya tampah, masih banyak buatan kerajinan lokal lain dengan keunikannya diminati oleh rekan internasional, sehingga jadi memiliki nilai lebih. Berikut beberapa di antaranya, dikutip daripada Instagram Kementerian Koperasi serta UKM @kemenkopukm, Selasa (1/6/2021).

Gadang

Corong yang biasa digunakan untuk mengayak beras ini viral di media sosial. Instrumen dapur tradisional ini dijadikan dekorasi ruangan hingga menyelap situs dekor bergengsi asing negeri dengan nilai berniaga yang sangat tinggi, yaitu $299 atau sekitar Rp4, 300. 000 (kurs Rp14, 285/USD).

Baca Juga: Mengintip Suburnya Lahan Pertanian di Bibir Proyek Jakarta International Stadium, Petani Raup Rp3 Juta

Bangku Kayu

Kursi kecil multifungsi dengan bahan kayu yang biasa kita temukan di dapur atau kamar mandi, rupanya banyak dipasarkan di luar negeri dengan harga yang cukup mahal. Serupa misalnya di situs ikea, kursi kecil ini dihargai Rp199. 000.