four Tips Adaptasi dengan Cepat Ketika Baru Masuk Kerja

4-tips-adaptasi-dengan-cepat-ketika-baru-masuk-kerja-1

JAKARTA – Awd pekerja pasti harus melakukan adaptasi di minggu-minggu pertama bekerja. Apalagi bagi orang yang pertama kali terjun di dunia kerja, contohnya para fresh graduate, merasa bingung atau cemas adalah hal yang wajar ketika baru masuk kerja.

Namun, kebingungan tersebut tentunya harus dibarengi solusi agar pekerja memanfaatkan masa-masa awal bekerja tersebut oleh baik. Pekerja harus beradaptasi, baik dengan beban kerja yang menjadi tanggung jawabnya maupun dengan sesama rekan kerja atau atasan.

Baca Juga: Lamaran Kerja Ditolak? Coba Introspeksi Diri

Panduan berikut ini bisa membantu para pekerja yg bingung harus melakukan berkaitan di minggu-minggu pertama masuk kerja. Pekerja juga dapat melakukan hal berikut terkait untuk memudahkan adaptasi di kantor baru, dilansir dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, Sabtu (12/6/2021).

1. Minggu pertama

Pekerja hendaknya memahami job desc, pencapaian unit, dan peraturan yang berlaku di kantor di hari-hari pertama masuk kerja. Selain itu, berkenalan dengan rekan kerja serta atasan juga penting karena mereka bisa membantu cara adaptasi.

Baca Juga: Tak Usah Takut Kalau Pulang Teng-Go, Ini Keuntungannya

2. Minggu kedua

Ketika sudah memahami job desc dan beban kerja yang menjadi tanggung jawab pekerja, maka mulailah tuk menyusun alur kerja perseorangan. Hal ini penting untuk manajemen waktu. Tentukan mana tugas yang prioritas atau tidak. Selain itu, mulai buat review kinerja pribadi untuk mencatat kemajuan serta evaluasi diri.