enam Langkah Menyusun Anggaran Rumah Tangga

6-langkah-menyusun-anggaran-rumah-tangga-1

JAKARTA – Mewujudkan anggaran adalah bagian istimewa dari pondasi keuangan dengan kuat. Memiliki anggaran membantu seseorang mengelola uang, mengatur pengeluaran, menghemat lebih penuh uang, melunasi utang, ataupun menghindari utang.

Tanpa gambaran akurat tentang uang yang masuk & keluar dari rekening bank, seseorang dapat dengan gampang mengeluarkan uang lebih penuh atau mengandalkan kartu pengaruh dan pinjaman untuk membalas tagihan. Jika sudah mempunyai anggaran, sekarang saat dengan tepat untuk memperbaruinya.

Berikut langkah-langkah membina anggaran rumah tangga bulanan dengan baik, dilansir dibanding The Balance, Minggu (13/6/2021).

1. Buat Lembar Kerja Perkiraan

Gunakan lembar kerja untuk menolong memulai untuk menyelesaikan semua langkah penganggaran. Seseorang pula dapat membuat lembar kegiatan anggaran menggunakan program spreadsheet gratis, atau bahkan sesederhana membuat worksheet di kertas.

Menangkap Juga:   6 Cara Mudah Menyusun Anggaran Vila Tangga 

2. Merinci Sumber Bayar

Mulailah dengan mencari cakap berapa banyak penghasilan pada setiap bulan. Tambahkan semua sumber pendapatan yang dapat diandalkan, seperti upah dari pekerjaan, tunjangan, tunjangan anak, serta banyak lagi.

Jika seseorang mendapatkan uang tunai dari pekerjaan atau hobi di luar, namun tidak secara teratur, jangan masukkan uang itu jadi pendapatan dalam anggaran. Perkiraan harus menjadi dokumen dengan dapat diandalkan.

Bagi wiraswasta atau mempunyai pendapatan yang berfluktuasi, gunakan pendapatan bulanan rata-rata ataupun perkiraan pendapatan yang tempat harapkan akan diterima di dalam bulan tertentu.