Ekspor hingga Belanja Pemerintah Siap Pendorong Ekonomi Indonesia 2021

ekspor-hingga-belanja-pemerintah-jadi-pendorong-ekonomi-indonesia-2021-1

JAKARTA – Ekspor dan belanja pemerintah akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini. Asian Development Bank (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI tahun ini mencapai 3, 5% (yoy).

“Pemulihan terus bersambung pada paruh pertama 2021 berkat berbagai kebijakan akomodatif dan didukung oleh ekspor yang kuat, ” prawacana Direktur ADB untuk Nusantara Jiro Tominaga dalam Asian Development Outlook 2021 dalam Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Baca Pula: ADB Pangkas Proyeksi Kemajuan Ekonomi RI 2021 Oleh sebab itu 3, 5%, Ini Alasannya

Tominaga mengatakan perekonomian Indonesia sempat mengalami penurunan pada 2020 namun bersifat ringan akibat kebijakan pemerintah yang kasar dan tepat waktu di menangani pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, langkah pemerintah memberikan stimulus fiskal dan bantuan sosial kepada kelompok rentan pada rangka mencegah kerugian ekonomi jangka panjang juga sudah mampu mempertahankan pertumbuhan.

Baca Juga: ADB Sebut Pendapatan UMKM Indonesia Masih Lesu

“Kebijakan fiskal yang suportif dan kecendekiaan moneter yang akomodatif bakal membantu mempertahankan pertumbuhan, ” ujarnya.

Buatan kebijakan akomodatif pemerintah biar tercermin dari Produk pribumi bruto (PDB) Indonesia yang tumbuh 3, 1% di dalam paruh pertama 2021 dibantu pelonggaran pembatasan sehingga seruan kembali naik.