Cara Mengatur Pengeluaran Selama Pandemi, Tetap Bisa Nabung Kenapa!

trik-mengatur-pengeluaran-selama-pandemi-tetap-bisa-nabung-kok-1

JAKARTA – Karakter mungkin sudah memiliki jalan mengelola keuangan yang efektif dari tahun ke tahun. Anggaran tersebut bisa selalu diikuti dan sangat positif untuk mengelola dan merencanakan keuangan. Namun, keadaan tiba-tiba berubah ketika pandemi Covid-19 menerjang.

Mereka mau tidak mau harus menyesuaikan anggaran kembali, baik karena pemotongan penghasilan, kehilangan pekerjaan, atau karena situasi darurat yang tidak mampu diprediksi lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Atur Uang THR, Jangan Lupa Zakat dan Sedekah

Dikutip dari Real Simple, Sabtu (15/5/2021), orang yang kehilangan pendapatan pada beberapa bulan terakhir, ini lah saatnya membahas apa yang disebut Kimberly Palmer, pakar keuangan pribadi di NerdWallet, sebagai mode krisis.

“Ketika Anda kehilangan penghasilan, Anda masuk ke mode krisis, dan ini semua tentang kelangsungan finansial sampai Anda bisa memperoleh penghasilan lagi. Banyak metode keuangan pribadi normal tidak berlaku, ” ujarnya.

Hal yang paling penting adalah menghindari utang, atau utang dengan kembang tinggi yang substansial, buat membatasi kerusakan keuangan jangka panjang, kata Brian Walsh, seorang perencana keuangan bersertifikat di SoFi. Di sinilah anggaran kemudian bisa disesuaikan.

Membaca Juga: Cara Cerdas Kelola THR, Gunakan untuk Perbaiki Keuangan

Jika orang telah kehilangan semua pendapatan sepenuhnya, Brittney Castro CFP di Mint, mengatakan untuk membuat rencana arus kas. “Mulailah secara mencari tahu berapa banyak yang Anda butuhkan buat menutupi pengeluaran bulanan Anda. Buatlah daftar semua pengeluaran Anda dan potong barang apa pun yang Anda mampu hidup tanpanya, ” tegasnya.

Batalkan langganan, keanggotaan, dan layanan dengan tidak penting. Kurangi pengeluaran yang tidak penting & nilai berapa banyak kekayaan yang dapat disimpan di tabungan atau dana penting. Jika masih tidak cukup untuk menutupi pengeluaran semasa beberapa bulan ke pendahuluan, atau sampai mendapatkan pekerjaan lain, pertimbangkan sumber uang lain seperti pinjaman awak atau kartu kredit. Tersebut adalah langkah paling belakang jika terpaksa.

Jika kehilangan sebagian penerimaan atau berusaha menyesuaikan berterima untuk menabung lebih penuh selama masa-masa yang tidak pasti ini, perkirakan anggaran akan terlihat berbeda daripada sebelumnya.