Canggih! Startup Ini Bangun Metode Deteksi Dini Covid-19

Canggih! Startup Ini Bangun Metode Deteksi Dini Covid-19

JAKARTA – Perusahaan rintisan (startup) dalam negeri, Neurabot, menjadi pengembang information mining platform terpusat bagi information citra pasien Covid-19 yang sudah teridentifikasi. Perusahaan ini menjadi bagian dari gugus tugas kecerdasan buatan dan teknologi informasi (Task Push AI & TI) dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Neurabot yang turut berkontribusi dalam penanganan wabah Covid-19 pada Indonesia, ” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih dilansir dari laman Kemenperin, Minggu (14/6/2020).

Baca Juga: Setelah KFC, Kini McD Tutup di Tengah Virus Corona
 

Neurabot, yang merupakan finalis program New venture 4 Industry yang diinisiasi Kemenperin pada tahun 2018, bersama pakar artificial intelligent (AI) dan akademisi bidang AI di Indonesia juga bertugas untuk mengembangkan penerapan teknologi deep learning pada pemeriksaan CT-scan paru-paru, serta foto polos daddy (x-ray). Ini merupakan salah satu modalitas deteksi cepat kasus Covid-19 dengan sensitivitas dan spesifisitas tinggi, sehingga dapat membantu pengambilan keputusan klinis dalam pandemi saat ini.

Dirjen IKMA menerangkan, Neurabot adalah startup yang mendapatkan hak cipta di bidang “Platform Laboratorium Pemrosesan Citra Digital oleh Teknologi Artificial Intelligence”. “Algoritma AI merupakan salah satu kekayaan intelektual bagi startup yang harus dilindungi. Klinik HKI kami telah memfasilitasi hak cipta dan mereknya, ” imbuh Gati.

 

“Kami harap Neurabot semakin berkembang dan menjadi penyedia teknologi AI di sektor kesehatan sehingga meraih menjadi akselerator implementasi industri 4. 0, ” ungkap Gati.

Menurutnya, AI menjadi sasaran teknologi yang dibina oleh Ditjen IKMA sebagai salah satu basis penerapan industri 4. 0. Cara Kemenperin dalam menumbuhkan startup AI dilakukan melalui program Making Indonesia Startup 4. 0 (Startup four Industry) yang sudah berjalan sejak tahun 2018.

Loading…