Bukan Naik tapi Gaji PNS Bahan Lebih Besar dengan Skema Hangat

Bukan Naik tapi Gaji PNS Bahan Lebih Besar dengan Skema Hangat

JAKARTA – Pemerintah tengah menyusun rancangan gaji baru untuk Pegawai Kampung Sipil (PNS). Nantinya sistem gaji baru untuk PNS ini tak lagi dilihat dari golongan serta jabatan melainkan dari beban dan risiko kerja.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Pranata Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengucapkan, skema gaji PNS ini kemungkinan tumbuh tidak akan diberlakukan pada tahun depan. Artinya pada tahun depan gaji PNS masih memakai rancangan lama, sekaligus membantah isu terkait gaji PNS yang akan terbang pada tahun depan.

Adapun dengan umum, skema penggajian PNS tidak lagi berdasarkan pangkat dan bangsa. Akan tetapi gaji akan ditentukan berdasarkan risiko dan beban kerja dari pegawai tersebut.

Baca Juga:   Tarikh Depan Gaji PNS Tak Bakal Naik 

Namun tunjangannya juga nanti akan dirombak. Dari yang tadinya memiliki bermacam-macam, nantinya akan dirombak menjadi dua jenis saja yakni tunjangan kinerja dan tunjagan kemahalan.

“Kayaknya belum (belum bisa diimplementasikan tahun depan rancangan gaji PNS yang baru), ” ujarnya saat dihubungi Okezone , Selasa (15/12/2020).

Memang menurut Paryono, secara keseluruhan gaji PNS mau lebih besar dibandingkan skema yang lama ini. Namun bukan berarti, hal tersebut mengalami kenaikan melainkan hanya memasukan komponen tunjangan dengan tersedia.

“Kemungkinan gaji pokoknya bisa lebih mulia dari yang sekarang, ” ucapnya.