Bisnis Ikan Cupang Berkualitas, Perhatikan Bukti Indukannya

Bisnis Ikan Cupang Berkualitas, Perhatikan Bukti Indukannya

JAKARTA – Proses penyeleksian indukan ikan cupang perlu dikerjakan agar mendapat kualitas ikan yang baik. Caranya sangat sederhana secara mengetahui ciri induk yang indah dari ikan cupang itu tunggal.

Induk ikan cupang dapat berasal dari hasil pembesaran proses budidaya maupun memasoknya dibanding pembudidaya lain dengan kualitas yang baik. Untuk memilih indukan yang baik, penyeleksian induk perlu dikerjakan dengan memisahkannya dari ikan yang belum cukup memenuhi kriteria pati yang baik.

Baca Juga: Bisnis Ikan Cupang di RI Bisa Bikin Kantong Tebal, Simak di Sini

Dikutip dari buku Mina Bisnis Ikan Cupang: Teori dan Aplikasi Oleh Zainal Abidin, Hutami P. Puspitasari, Jakarta, Rabu(16/12/2020), induk ikan cupang dapat dimanfaatkan apabila telah berusia 2-3 bulan. Proses pemilihan indukan jantan & betina dengan melakukan seleksi ikan cupan yang berkualitas baik serta unggul.

Sediakan wadah yang berbeda untuk meletakkan pati betina dan jantan. Ikan cupang jantan biasanya bersifat agresif, namun betina dapat berada di bak indukan secara terkumpul. Berikut tersebut telah Okezone rangkum ciri indukan jantan dan betina yang molek.

Baca Juga: Mengintip Bisnis Ikan Cupang yang Bikin Cuan

1. Indukan Betina

– Kondisi sehat dan tidak cacat

– Berasal dari genotipe dengan baik

– Ekornya mengembang

– Warna badannya tidak secerah yang satria

– Badan rendah dan tambun

kacau Pada bagian perut sedikit membanyak

– Bentuk buntut besar dan bulat