Beragam Jenis Halaman Rumah, Fungsinya Macam-Macam

Beragam Jenis Halaman Rumah, Fungsinya Macam-Macam

JAKARTA – Halaman pada masing-masing sisi bangunan sebenarnya memiliki fungsi dan peran berbeda. Seperti halaman depan yang merupakan ruang pengenal (introduction space) yang akan mengantar tamu mengenali rumah lebih dulu ketika masuk halaman.

Halaman depan bersifat publik yang terbuka bagi orang luar, setidaknya dari segi visual. Namun, terkadang halaman ini pun tertutup pagar tinggi sehingga apa yang ada di baliknya tidak terlihat.

Melansir dari buku “25 Desain Rumah Taman” oleh Agung Budi Sardjono, Jakarta, Rabu (2/9/2020), kondisi seperti dituliskan di atas sebenarnya merugikan penghuni rumah karena akan terkesan tertutup dan misterius.

Baca Juga: Siapa Bilang Rumah Minimalis Tak Bisa Punya Taman?

Sedangkan, halaman samping bersifat lebih privat, tetapi masih menyediakan akses dari depan. Adanya pembatas berupa pagar halaman samping dapat berfungsi sebagai perluasan ruang keluarga di luar rumah.

Pada halaman samping biasanya anggota keluarga dapat beraktivitas bersama tanpa terganggu secara visual dari depan. Taman bunga, gazebo, kolam ikan, atau pelataran keluarga biasanya juga diletakkan di halaman samping atau tengah.

Akses langsung ke halaman depan menguntungkan karena dapat dimanfaatkan sebagai pencapaian samping. Selain itu, secara tradisi, ada pula halaman belakang merupakan halaman servis untuk kegiatan pelayanan dalam rumah.

Dahulu halaman belakang dianggap sebagai daerah kotor dan tidak selayaknya diperlihatkan. Halaman ini biasanya digunakan untuk tempat cuci. tempat jemur, sumur, kamar mandi, kandang binatang peliharaan, atau kebun rumah.

Namun, saat ini halaman belakang tidak lagi dianggap daerah kotor. Hanya dengan dipisahkannya dari daerah servis, halaman belakang pun dapat dirancang menjadi taman keluarga yang nyaman dan terlindung.

Halaman depan, samping, belakang, atau dalam merupakan potensi yang akan berpengaruh terhadap ruang-ruang di dalam rumah. Di halaman tersebut dapat diciptakan iklim mikro, pemandangan, serta kegiatan untuk menunjang kegiatan keluarga.

(kmj)