Beda Bisnis Online dan Offline, Mujur Mana?

Beda Bisnis Online dan Offline, Mujur Mana?

JAKARTA – Pelaku usaha kini bisa memutuskan ingin memasarkan produknya melalui online atau offline. Untuk itu, jadi pelaku usaha harus paham melanda perbedaan keduanya.

Bisnis online adalah bisnis yang berbasis internet dan offline tidak memerlukan jaringan internet seperti online. Tapi, masih banyak perbedaan lainnya.

Semacam yang dijelaskan dalam buku Arif Bisnis Online, karya Fathul Husnan, Java Creativity, Jakarta, berikut adalah perbedaan bisnis online dan offline yang dilansir Senin (13/7/2020):

1. Pembuatan

Dari sisi pengerjaan, jelas bisnis online dapat dibuat dalam waktu yang singkat serta mudah. Berbeda dengan offline yang membutuhkan waktu yang relatif periode seperti pembuatan toko dan menghasilkan bisnis offline relatif lebih pelik dibanding online.

Baca Juga: Berkah Tahun Ajaran Baru, Pedagang Seragam Sekolah Banjir Orderan

2. Biaya

Untuk bisnis online umumnya tak membutuhkan biaya yang besar makin bisa saja tanpa biaya. Beda dengan bisnis offline, yang menggunakan biaya untuk pembuatan toko, stok barang, gaji karyawan dan sebagainya.

3. Tanda operasional toko

Bisnis online tentunya dapat buka selama 24 jam non-stop, berbeda dengan offline yang harus melayani pengawasan dengan toko. Karena bisnis online sendiri dilakukan melalui handphone atau pc, praktis bukan?

4. Jangkauan pengunjung

Bisnis online dapat menghadirkan pengunjung dari bermacam-macam daerah atau negara, karena produk dijual berada dalam jaringan internet yang artinya luas. Berbeda secara bisnis offline, pengunjung bisnis offline umumnya hanyalah pengunjung yang beruang dalam lingkungan sekitar.

Baca Juga: 5 Ancang-ancang yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Usaha Baru

5. Keterbatasan pengunjung

Jumlah pengunjung di bisnis online tentunya tidak terpatok. Bisa saja seribu pengunjung pada waktu yang bersamaan. Berbeda secara bisnis offline yang pengunjung nya terbatas karena kendala besarnya toko yang dimiliki.

6. Pengiklan

Untuk bisnis online, kegiatan iklan dapat dilakukan tanpa biaya, dapat diaplikasikan pada sosial media, blog dan sebagainya. Berbeda dengan offline yang memerlukan biaya besar, contohnya menggunakan poster, tv, radio, koran & sebagainya.

7. Keuntungan

Mujur bisnis online tentunya lebih mulia dibanding bisnis offline. Pasalnya, kalau bisnis offline keuntungan hanya mendapatkan sebagian, karena sebagiannya lagi digunakan untuk persediaan kembali. Berbeda dengan online yang keuntungannya bisa dinikmati hingga 100% karena ada kira-kira bisnis online yang bisa dijalankan tanpa harus memiliki modal.

(kmj)

Loading…