93% BLT Dana Desa Sudah Disalurkan

93% BLT Dana Desa Sudah Disalurkan

JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Kawasan Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) menyampaikan perkembangan terbaru soal pembagian BLT Dana Desa yang sudah masuk sebanyak 69. 443 tempat atau setara 93% dari total jumlah desa 74. 953 dukuh.

Hal tersebut terungkap saat Kemendes PDTT menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dibanding Dana Desa (DD) di empat kabupaten di Provinsi Banten.

Baca Juga:   63. 029 Daerah Telah Terima Dana Dukuh Lewat Rekening

Salah satu alasan sidak tersebut dilakukan karena Banten termasuk kawasan yang penyaluran BLT masih berada di 20%. Selain Banten, lima daerah yang penyaluran masih di bawah 50% yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT) 44%, Maluku 44%, Maluku Utara 42%, Papua 20% dan Papua Barat 44%.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan, hasil sidak itu ditemukan sejumlah fakta yaitu hasil sinkronisasi data tidak segera mendarat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ataupun Camat. Dana Desa baru menyelundup rekening kas desa (RKDes) dikarenakan keterlambatan terbitnya Pergub soal alokasi dana desa.

 

“Surat Pengaruh Bupati untuk pemindahbukuan dana dalam KPPN ke RKDes belum ada. Meski sekarang sudah ada PMK Nomor 50 tahun 2020 tak butuh lagi Perbup untuk percepatan. Cukup laporkan kesiapan maka dikeluarkan dari KPPN, ” kata Mendes PDTT dilansir dari laman Setkab, Rabu (3/6/2020).

Keterangan lainnya Bantuan Sosial (Bansos) tingkat provinsi maupun Kabupaten belum mendarat yang besarannya sama dengan BLT Dana Desa Rp600 ribu, sementara BLT minta disalurkan setelah Bansos itu telah disalurkan.

Loading…