4 Cara Bikin Suasana Rumah Bertentangan dengan Sentuhan Cat

4 Cara Bikin Suasana Rumah Bertentangan dengan Sentuhan Cat

JAKARTA – Sentuhan cat pada bangunan dapat menghasilkan warna-warni yang menyusun suasana berbeda. Selain warna, cat juga berfungsi sebagai pelindung bangunan.

Melansir dari sendi A-Z Warna Interior: Rumah Letak oleh Wirania Swasty, Jakarta, Minggu (13/9/2020), cat digunakan untuk melindungi permukaan besi dari karat, menangani permukaan kayu dari kelapukan yang disebabkan rayap, serta melindungi tembok dari lumut dan jamur.

Cet merupakan bahan finishing yang paling populer, meski banyak alternatif sasaran dan cara untuk memberi warna bangunan. Di samping murah, pengerjaannya pun mudah, praktis, dan lebih singkat.

Menyuarakan Juga:   Begini Cara Lapis Batu Bata yang Bikin Sendi Tampil Cantik

Berikut ini merupakan tips-tips dalam mengaplikasikan cat. Pertama, sebelum mengecat dinding, pastikan permukaannya kering dan bersih agar tidak cepat mengelupas.

Kedua, jika mau melakukan jeda pada saat pengecatan, usahakan selesaikan satu bidang. Jangan menghentikan pengecatan di tengah-tengah bidang. Hal ini untuk menghindari memperlawankan warna (shade) yang mungkin muncul.

Cat Rumah

Ketiga, siapkan peralatan mengecat secara lengkap untuk mendukung proses pengecatan, seperti rol besar untuk dunia yang lebar, kuas kecil buat permukaan rumit, kape, ampelas, beledi, dan sebagainya.

Baca Juga:   5 Cara Bikin Ruang Kerja Nyaman saat WFH

Keempat, lepaskan terlebih dahulu daun kemungkinan atau jendela yang akan dicat. Jangan mengecat pintu atau jendela dalam keadaan tertutup, karena pewarna dapat menyebabkan daun pintu ataupun jendela melekat pada kusennya.

Kelima, percantik interior ruangan dengan pengaplikasian cat dekoratif. Bervariasi teknik yang dapat diterapkan, jarang lain colour washing, combing, dragging, sponging, dan roller fidgeting. Konsultasikan pada pakar cat dekoratif untuk memperoleh hasil yang maksimal.

(fbn)