3 Strategi Besar Bisnis Negeri, Jokowi: Hilirisasi, Digitalisasi UMKM dan Ekonomi Hijau

3-strategi-besar-bisnis-negara-jokowi-hilirisasi-digitalisasi-umkm-dan-ekonomi-hijau-1

JAKARTA kacau Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengungkapkan 3 strategi besar bisnis dalam Indonesia. Di mana difokuskan pada tiga hal yaitu hilirisasi industri, digitalisasi UMKM dan ekonomi hijau.

Jokowi mengatakan, buat hilirisasi sudah dimulai dengan menghentikan ekspor bahan kasar nikel. Kemudian semuanya kudu dihilirisasi.

“Dan hasilnya mulai kelihatan. Beta kira ekspor kita, ekspor besi baja kita dalam setengah tahun ini sekadar sudah berada di nilai kurang lebih USD10, 5 miliar, ” katanya saat peresmian pembukaan sarasehan 100 ekonom Indonesia, Kamis (26/8/2021).

Dia mengatakan bahwa nantinya tidak mau hanya nikel saja dengan dihilirisasi. Di mana pemerintah berencana melakukan hilirisasi bauksit, emas dan tembaga.

“Ke depan kita akan juga mulai buat bauksitnya. Kemudian juga berangkat mungkin emasnya. Mulai tembaganya. Hilirisasi mulai sawitnya. Sebesar mungkin turunan-turunan dari bahan-bahan mentah itu bisa menjadi barang minimal setengah oleh karena itu. Syukur-syukur bisa menjadi barang jadi, ” ujarnya.